Skip to content
31 Juli 2013 / Jeffrey Hermanto Halimsetiawan

Oral Defense Master Thesis CSIE NTUST


Sejak 10 September 2011, saya melanjutkan pendidikan master saya di National Taiwan University of Science and Technology (NTUST), Taipei, Taiwan. Kebetulan pada bulan Oktober 2010, rombongan professor dari College of Electrical Engineering and Computer Science, NTUST berkunjung ke kampus ITS, melakukan wawancara kepada beberapa mahasiswa dan saya menjadi salah satu penerima full scholarship untuk melanjutkan studi pada Department of Computer Science and Information Engineering (CSIE), NTUST. Adviser saya adalah Dr. Wei-Chung Teng yang memperoleh gelar Doctor of Engineering dari University of Tokyo, Jepang. Saya tergabung dalam Networked Robotic Laboratory dan melakukan penelitian seputar robot teleoperation.

Setelah menyelesaikan 24 course credits pada tahun pertama dan penelitian sejak awal tahun pertama, tibalah waktu saya untuk menjalani oral defense yang dilaksanakan pada hari Selasa, 16 Juli 2013 pukul 09.30 di ruang T4-517 dengan judul thesis “Low-Bandwidth Multiresolution Panoramic Video Streaming System for Mobile Robot Teleoperation“.

Oral Defense Room

Oral Defense Room

Beberapa minggu sebelumnya, saya disibukkan dengan menulis semua yang telah saya kerjakan pada buku thesis, revisi buku, menghubungi beberapa professor sebagai oral defense committee members, dan mempersiapkan segala macam dokumen yang dibutuhkan. Adviser saya merekomendasikan beberapa nama sebagai oral defense committee members saya:

Tepat pukul 09.30, semua penguji telah masuk ke dalam ruangan dan mendiskusikan beberapa hal terlebih dahulu. Sekitar pukul 09.40, saya dipersilahkan oleh Dr. Wang untuk mempresentasikan thesis saya. Presentasi berjalan dengan lancar dan disertai beberapa kali interupsi oleh Dr. Wang terkait dengan beberapa gambar yang ada pada slide presentasi saya. Kurang lebih 30 menit, saya telah selesai mempresentasikan thesis saya kepada para penguji.

Oral Defense Presentation

Oral Defense Presentation

Berikutnya adalah sesi tanya jawab yang diawali oleh Dr. Yao. Bidang penelitian beliau adalah computer graphics dan beliau memberikan beberapa saran tentang metode yang dapat digunakan untuk membentuk multiresolution image dan menanyakan alasan memanfaatkan akselerasi GPU (Graphical Processing Unit) untuk image processing. Prof. Guo yang merupakan expert di bidang digital signal processing menanyakan tentang beberapa data yang ditampilkan, memberikan masukan tentang pemanfaatan H.264 secara langsung untuk membentuk multiresolution video, dan menggunakan gesture untuk mengontrol kamera. Terakhir, Dr. Wang memberikan masukan untuk mencoba sistem ini pada lingkungan dengan bandwidth yang benar-benar terbatas dan menanyakan alasan kenapa menggunakan spherical camera. Dr. Teng sebagai adviser saya tentu saja hanya menanyakan beberapa hal kecil. Setelah itu, saya diminta untuk keluar ruangan dahulu sembari mereka mendiskusikan hasil dari oral defense saya.

Di luar teman-teman lab saya telah menunggu di sana, saya pun mengobrol dengan mereka sambil menunggu panggilan dari penguji di dalam ruangan. Dr. Wang membuka pintu dan berkata pada saya “gong xi gong xi” yang berarti selamat. Berikutnya, Dr. Teng memberitahu saya kalau ada beberapa hal yang harus saya kerjakan sebelum saya bisa meninggalkan lab. Kemudian, giliran Prof. Guo dan Dr. Yao memberikan selamat kepada saya. Karena Dr. Teng memiliki janji dan terburu-buru pergi, akhirnya saya berfoto bersama dengan Prof. Guo, Dr. Wang, dan Dr. Yao di depan ruang oral defense.

Sore harinya, saya bertemu dengan adviser saya dan beliau memberikan beberapa hal yang harus saya perbaiki dan tugas untuk mengeksplorasi sesuatu. Revisi telah saya selesaikan pada tanggal 19 Juli 2013, tetapi beliau menugaskan saya untuk melakukan eksplorasi yang lebih dalam tentang JPEG2000 dan H.264. Selama seminggu saya melakukan survei sambil melengkapi berbagai persyaratan yang dibutuhkan untuk school leaving process. Pada hari Jumat, 26 Juli 2013, saya mengirimkan report eksplorasi saya kepada adviser, memberikan buku thesis, dan beliau bersedia menandatangani formulir school leaving process saya.

Master Thesis (Front)

Master Thesis (Front)

Master Thesis (Side)

Master Thesis (Side)

Akhirnya, hari Senin, 29 Juli 2013 saya mendapatkan ijazah saya dengan gelar “Master of Science” dan transkrip saya selama menempuh pendidikan di NTUST dengan hasil yang baik. Tidak terasa sudah 2 tahun saya tinggal di Taiwan untuk melanjutkan studi saya dan kini saya tinggal menghitung hari sebelum pergi meninggalkan Taiwan. Semoga ilmu yang didapat selama 2 tahun di Taiwan dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. So, what’s next?

 

 

Tinggalkan Balasan

