Skip to content
7 Januari 2013 / Jeffrey Hermanto Halimsetiawan

2012 Windows App 開發嘉年華


Pada tanggal 29 Desember 2012 kemarin, saya dan 2 teman saya berkesempatan mengikuti 2012 Windows App 開發嘉年華 yaitu sebuah kompetisi pengembangan aplikasi Windows 8 ataupun Windows Phone 8 lokal yang diadakan oleh Microsoft Taiwan selama 36 jam. Acara ini dimulai pada pukul 09.30 di Recreational HallNational Taipei University, Taipei, Taiwan.

Opening Wowzapp 2012 - Microsoft Taiwan

Coding time dimulai dari 29 Desember 2012 pukul 11.00 hingga 30 Desember 2012 pukul 11.00. Di sela-sela waktu tersebut diisi dengan berbagai macam konsumsi yang tidak ada habisnya dan apabila peserta merasa suntuk dapat pergi ke area rekreasi untuk bermain XBox ataupun mencoba berbagai macam bentuk PC atau tablet Windows 8.

Coding Time Wowzapp 2012 - Microsoft Taiwan

Setelah waktu coding yang cukup lama, saya dan tim memutuskan untuk tidur pada pukul 01.30 hingga 07.00 pada bantalan yang disediakan oleh panitia dengan cuaca yang cukup dingin sekitar 12 – 15 derajat Celcius.

Bantalan Tidur Wowzapp 2012 - Microsoft Taiwan

Pada pukul 11.00, coding time telah usai dan peserta dapat menyantap makan siang dan melakukan persiapan demo. Tim kami mendapat giliran ke-18 dan panitia memberitahu bahwa waktu demo hanya 2 menit. Kami pun membuat skenario demo sehingga waktu 2 menit dapat dimanfaatkan dengan baik. Akhirnya pada pukul 13.00, tiba giliran saya untuk mempresentasikan aplikasi tersebut dengan Bahasa Inggris karena kemampuan Bahasa Mandarin semua anggota tim kami masih sangat terbatas. Latar belakang, solusi dan cara penggunaan aplikasi melalui animasi telah dijelaskan dalam waktu 1 menit tetapi sisa 1 menit untuk menunjukkan fitur-fitur aplikasi secara langsung tidak berjalan dengan baik.

Demo Wowzapp 2012 - Microsoft Taiwan

Singkat cerita, sesuai perkiraan kami kalah karena tidak sempat menunjukkan seluruh fitur aplikasi secara langsung dalam 2 menit demo. Selain itu, kamilah satu-satunya tim internasional dalam kompetisi lokal tersebut dan satu-satunya tim yang menggunakan Bahasa Inggris dalam presentasinya. Mungkin saja para juri yang semuanya juga orang lokal Taiwan juga tidak mengerti penjelasan dalam Bahasa Inggris yang saya sampaikan, entahlah tapi saya syukuri saja pengalaman pertama mengikuti kompetisi lokal di negara berbahasa Mandarin. Minimal, kompetisi ini menambah pengalaman dan memacu saya dan tim untuk menghasilkan sebuah aplikasi dalam waktu 24 jam bernama Couple Shots yang saat ini telah tersedia di Windows Phone Store. Berikut deskripsi singkat dari aplikasi tersebut:

When we go to the tourist attraction spot, we will see a lot of couple who taking their self-picture by themselves. They use rear camera because its quality is much more better than front camera but it’s very difficult to get the perfect shot. Now, all couples don’t need to worry anymore because Couple Shots will assist them to take a perfect shot. And, edit the photo of their memorable moment and share it to their Facebook and Twitter easily! Couple Shots is the real answer!

Kalah atau menang dalam kompetisi bukan segalanya tapi yang lebih penting adalah semangat untuk terus mengembangkan aplikasi tersebut. Selamat menikmati aplikasi tersebut dan semoga bermanfaat!

Closing Wowzapp 2012 - Microsoft Taiwan

PS: Photo Credits by Microsoft Taiwan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: