Skip to content
8 Maret 2012 / Jeffrey Hermanto Halimsetiawan

Mendeteksi State Aplikasi Menjadi Active atau Inactive pada J2ME


Pada beberapa handphone Nokia, saat kita menekan tombol end call saat sebuah aplikasi aktif maka aplikasi tersebut akan menjadi tidak aktif dan masih tersimpan di task manager. Kasus lain terjadi saat kita menerima panggilan telepon maka state aplikasi tersebut akan menjadi tidak aktif. Sebagai contoh pada handphone Nokia N8-00, saat kita menekan tombol yang diberi tanda lingkaran merah di bawah ini maka secara otomatis state aplikasi akan menjadi inactive.

NokiaN8

Isu kegagalan yang sering terjadi dalam proses Quality Assurance (QA) di Nokia Store adalah seringkali BGM (Background Music) masih berjalan saat status aplikasi telah menjadi inactive.

Lalu, bagaimanakah cara kita mendeteksi bahwa state dari aplikasi tersebut akan berubah menjadi active atau inactive? Pada kelas yang merupakan turunan dari Canvas atau GameCanvas, method hideNotify() dan showNotify() harus di-override agar BGM dapat terlebih dahulu dihentikan saat state dari aplikasi akan berubah menjadi inactive.

protected void hideNotify() {

}
protected void showNotify() {

}

Method hideNotify() akan dipanggil sesaat sebelum status aplikasi menjadi inactive dan method showNotify() akan dipanggil sesaat sebelum status aplikasi menjadi active.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: