Skip to content
28 Mei 2011 / Jeffrey Hermanto Halimsetiawan

Alpha Innovation 2011 – Petualangan Aksara di Jawa for Nokia Series 40 and 60


Pada tanggal 25 April 2011, seorang teman seangkatan saya mem-posting pada group Facebook TC 2007 tentang sebuah mobile application development competition bernama ALVION (Alpha Innovation) 2011. Kompetisi ini diadakan oleh Bina Nusantara Computer Club (BNCC), salah satu UKM yang berada di Universitas Bina Nusantara dan didukung penuh oleh Mobafone. Tema dari kompetisi ini adalah “Technology that helps Indonesian society”. Berikut adalah poster dari kompetisi ini: image

Ketika saya membuka website resmi dari kompetisi ini dan melihat timeline-nya, saya sedikit terkejut karena ternyata tanggal 30 April 2011 merupakan deadline pengumpulan proposal aplikasi. Akhirnya, saya dan teman saya memutuskan untuk mengikuti kompetisi ini sebagai perwakilan dari Aksara Games Studio.

Kami sudah memiliki bayangan mengenai aplikasi seperti apa yang akan kami ikut sertakan. Selama kurang lebih 5 hari, kami mulai mencari fakta-fakta pendukung dan menulis proposal yang dibatasi maksimal 5 halaman. Alhasil, proposal dengan judul “Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa melalui Sebuah Permainan pada Perangkat Mobile” dikirimkan kepada panitia ALVION 2011 pada tanggal 30 April 2011 petang.

Sembari menunggu pengumuman finalis, kami pun segera mulai mengembangkan aplikasi berbentuk permainan berjudul “Petualangan Aksara di Jawa”. Aplikasi ini dibangun pada platform J2ME (MIDP 2.0 dan CLDC 1.1) dan ditujukan untuk ponsel Nokia Series 40 dan Nokia Series 60 dengan resolusi layar 320 x 240. Pada tanggal 10 Mei 2011, muncullah pengumuman 10 finalis pada website resmi ALVION 2011 sebagai berikut:

No Pendaftaran

Nama 1

Nama 2

Aplikasinya

Asal Kota

AP003 Liem William Salim Daniel Hartono Chendra Aplikasi Android Untuk Penjadwalan Dan Penyimpanan Milestone Ibu Hamil Dan Balita Serta Berperan Sebagai Decision Support System Jakarta
AP014 Jeffrey Daniel Halim SMART TAXI Android Version Jakarta
AP004 Sidiq Permana Nusantara Beta Jakarta
AP021 Jefriyanto Ricky Winata Dokter Di Tangan Anda Jakarta
AP012 Muhammad Ibnu Fadhil Wilson Partogi Youthpreneur Smart Pocket Jakarta
AP016 Yohanes Khosiawan TOEFUN – TOEFL for ´Ur´ Phone Surabaya
AP020 Muhammad Amrin Hakim Dimas Radityo Protect Our Future Generation with GPS Cell Phone Surabaya
AP007 Bagus Pratanggapati Dea Rahmatia Potion Finder Bandung
AP018 Jeffrey Hermanto Halimsetiawan Alexander Rahardjo Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa melalui Sebuah Permainan pada Perangkat Mobile Surabaya
AP052 Yohanes Steven Sherly FRIENDSCHER Jakarta

Kami pun segera menyelesaikan aplikasi kami yang sudah hampir jadi tersebut. Pada tanggal 14 Mei 2011, aplikasi kami tersebut telah selesai dan berhasil diujicobakan pada Nokia C3-00 dan Nokia E61. Setelah kami yakin bahwa aplikasi telah berjalan dengan baik, kami pun telah mengunggah versi Free dan Premium dari Petualangan Aksara di Jawa ini ke Ovi Store. Saya pun telah mulai mempersiapkan slide presentasi yang akan digunakan pada babak final tanggal 18 – 20 Mei 2011 ini.

Pada tanggal 16 Mei 2011, saya telah berangkat ke Jakarta dengan Lion Air pada pukul 19.40 karena tanggal 17 Mei 2011 merupakan hari raya Waisak sehingga harga tiket melambung tinggi. Saya tiba di Jakarta pada pukul 21.00 dan anitia ALVION 2011 telah menunggu kedatangan saya untuk mengantarkan saya ke penginapan. Rekan saya baru berangkat pada tanggal 17 Mei 2011 karena terkendala masalah penginapan yang berada di Apartemen D’Loft dekat kampus Binus Anggrek. Sedangkan saya menghabiskan tanggal 17 Mei tersebut untuk berlatih presentasi. Teman kuliah saya juga ada yang terpilih menjadi Finalis juga menginap di Apartemen D’Loft.image

Tibalah waktunya babak final ALVION 2011, saya tiba di kampus Binus Anggrek pada pukul 09.10 setelah sebelumnya sempat tersasar ke Binus Square. Sembari menunggu technical meeting yang dilakukan panitia di ruangan yang terletak di lantai 4 dekat dengan Auditorium, kami menghabiskan waktu dengan duduk di atrium. Technical meeting dimulai dan ternyata memperoleh giliran presentasi pada sesi 2, yaitu antara pukul 13.00 hingga 15.00. Tim kami dan tim teman saya saling berbincang-bincang sambil menunggu giliran presentasi. Pada pukul 12.30, panitia mulai melakukan undian giliran presentasi di sesi 2 dan ternyata tim kami memperoleh giliran pertama sedangkan tim teman saya memperoleh giliran keempat.

Tepat pukul 13.00, kami pun diantar pantia ke ruangan 529 untuk mempresentasikan karya kami. Di ruangan tersebut, ketiga juri yang berasal dari dosen Binus University, IT Manager Mobafone (Subianto) dan CTO PhaseDev (Jeffry Anthony) telah menunggu kami. Saya pun memulai presentasi dari “Petualangan Aksara di Jawa” dan tiba-tiba LCD proyektor nya mengalami masalah dengan laptop teman saya pada tengah-tengah presentasi sehingga layarnya blink berkali-kali. Untungnya, saya benar-benar hafal dan paham dengan materi presentasinya sehingga saya tidak panik dan melanjutkan presentasi. Saya pun meminjamkan device Nokia E61 dan Nokia C3-00 kepada para juri agar mereka dapat merasakan secara langsung aplikasi kami. Akhir presentasi kami dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari dewan juri. Singkat kata, meskipun ada sedikit masalah syukurlah presentasi kami dapat berjalan dengan baik.

Sebenarnya bagian penting dari babak final kompetisi ini adalah presentasi pada tanggal 18 Mei 2011 dan pengumuman pemenang pada tanggal 20 Mei 2011 sehingga sisa waktu kami lebih banyak dihabiskan dengan jalan-jalan dan nongkrong. Sore hari itu kami habiskan dengan pergi ke Menara Mulia karena ada suatu keperluan dan Plaza Semanggi. Keesokan harinya kami menghabiskan waktu dengan duduk di A&W Binus Anggrek dan menuju ke Mall Taman Anggrek.

Pada tanggal 20 Mei 2011, saya baru tiba di Binus pada pukul 12.00 dan waktu lebih banyak dihabiskan menunggu sambil teman saya makan di Kantin Binus. Jam menunjukkan pukul 15.00 dan kami segera menunggu pengumuman pemenang di Atrium. Acara diawali dengan sambutan dari Mobafone dan pembagian sertifikat kepada para finalis. Akhirnya, yang ditunggu-tunggu datang juga dan syukurlah tim kami berhasil meraih 1st Runner Up Mobile Application Development pada ALVION 2011 ini. Semoga penghargaan ini semakin membuat kami bersemangat untuk berkarya lebih baik lagi.

image

Game “Petualangan Aksara di Jawa” ini sudah dapat diunduh di: http://store.ovi.com/content/126508 dan http://store.ovi.com/content/125332🙂

  1. sunurohmadonisunu / Des 15 2011 07:06

    siip!!!

    • Jeffrey Hermanto Halimsetiawan / Des 16 2011 20:14

      thanks🙂

  2. Adi Saputra / Des 26 2011 21:54

    Artikelnya bagus gan…
    makasih dah share…

    • Jeffrey Hermanto Halimsetiawan / Des 26 2011 22:01

      thanks, semoga bermanfaat🙂

Tinggalkan Balasan

