Skip to content
13 Januari 2011 / Jeffrey Hermanto Halimsetiawan

Sidang Tugas Akhir Teknik Informatika ITS @ Laboratorium S2


Setelah lama ditunggu-tunggu pada akhir Desember 2010 lalu, sebuah pengumuman mengenai Sidang Tugas Akhir (TA) Mahasiswa S1 Teknik Informatika ITS ditempel di mading Lantai 1 yang kurang lebih isinya sebagai berikut:

Bagi mahasiswa yang berencana wisuda pada bulan Maret 2011, sidang Tugas Akhir akan dilaksanakan dalam 3 gelombang sebagai berikut:

Gelombang 1 : 10 – 14 Januari 2011

Gelombang 2 : 17 – 21 Januari 2011

Gelombang 3 : 24 – 28 Januari 2011

Diharapkan untuk segera mengumpulkan Form Persetujuan Maju Sidang dari Monta dan Draft Buku TA untuk Sidang sebanyak 4 buah paling lambat hari Jumat minggu sebelum gelombang yang dpilih.

Akhirnya, saya dan teman-teman lain yang juga berencana lulus semester ini segera menyelesaikan berbagai persyaratan tersebut. Sejak awal, saya memiliki rencana untuk segera menjalani sidang TA supaya dapat mengikuti Windows Phone 7 Challenge. Saya membenahi buku TA, membuat paper TA dan mempersiapkan slide presentasi untuk sidang. Hari Selasa tanggal 4 Januari 2011, saya menemui dosen pembimbing saya untuk yang terakhir kalinya sebelum sidang TA untuk menanyakan beberapa permasalahan pada Bab Uji Coba sekaligus meminta tanda tangan Form Persetujuan Maju Sidang. Tanda tangan dari dosen pembimbing telah diperoleh, namun keesokan harinya saya masih mengkoreksi buku TA untuk meminimalisir kesalahan yang ada.

Pada hari Kamis, 6 Januari 2011, saya memantapkan hati bahwa tidak ada kesalahan lagi dan memutuskan untuk mencetak draft buku TA tersebut. Ternyata proses mencetak 242 halaman pada kertas berukuran A5 sebanyak 4 kali memakan waktu yang lama dan tinta yang lumayan😀. Satu buku setebal 242 halaman menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam dan harus selalu stand by di sebelah printer karena khawatir apabila tintanya habis dan hasil cetakannya tidak baik. Jadi, keseluruhan proses mencetak draft buku TA sebanyak 4 buah ini menghabiskan 8 jam.

Esoknya, saya menyerahkan draft buku TA sebanyak 4 buah dan Form Persetujuan Maju Sidang kepada Pak Yudi Mulyono. Tibalah saat harap-harap cemas menunggu keluarnya jadwal sidang TA. Hari Senin terlewati begitu saja tanpa ada kabar sama sekali mengenai keluarnya jadwal sidang TA. Begitu juga pada hari Selasa, jadwalnya masih belum diumumkan juga sehingga teman saya, Reza, menemui Pak Arya selaku koordinator TA untuk menanyakan perkiraan waktu sidang TA tersebut. Jadwal yang ditunggu-tunggu tersebut akhirnya muncul pada sore hari dimana saya akan menjalan sidang TA pada Kamis, 13 Januari 2011 pukul 13.00 – 14.00 di Ruang Sidang IF. Keesokan harinya, ketika saya sedang berlatih dengan slide presentasi yang telah dibuat, tiba-tiba saya dikagetkan dengan adanya perubahan dosen penguji saya sehingga jadwal final saya adalah sebagai berikut:

 

HARI TGL JAM KBK NRP NAMA JUDUL NAMA PEMBIMBING 2 NAMA PEMBIMBING 2 NAMA PENGUJI 1 NAMA PENGUJI 2
Kamis 13 Januari 2011 13.00-14.00 RPL 5107100029 JEFFREY HERMANTO HALIMSETIAWAN Pengembangan Perangkat Lunak Pembelajaran dan Pengajaran Interaktif dengan Perangkat Nintendo Wii Remote berbasis Windows Presentation Foundation IMAM KUSWARDAYAN, S.KOM, MT. DANIEL ORANOVA S., S.KOM., M.SC., P.D.ENG. DWI SUNARYONO, S.KOM., M.KOM.

Sebelum menjalani sidang TA, saya harus terlebih dahulu mengikuti UAS Evolusi Perangkat Lunak pada pukul 8.00. Jam telah menunjukkan pukul 12.10 dan saya pun segera menuju ke depan Ruang Sidang Teknik Informatika. Saya menunggu hingga pukul 12.40 kemudian dosen pembimbing saya lewat di depan ruangan tersebut dan berkata bahwa tempat sidang TA nya dipindah ke Laboratorium S2. Saya bergegas menuju ke Laboratorium S2 yang berada di Lantai 3 dan mempersiapkan slide presentasi, peralatan dan perangkat lunak sehingga siap untuk didemokan. Cukup lama menunggu, Pak Dwi baru datang di Laboratorium S2 sekitar pukul 13.10. Kemudian, saya diminta untuk mencari Pak Daniel dan Pak Imam yang masih belum berada di ruangan. Ketika saya akan keluar dari Laboratorium S2, saya berpapasan dengan Pak Imam sehingga tugas saya adalah mencari Pak Daniel. Saya berusaha mencari Pak Daniel di ruang dosen, namun beliau tidak ada di ruangannya. Saya pun kembali ke Laboratorium S2 dan berusaha menghubungi telepon selular beliau namun di-reject. Tiba-tiba saja, Pak Daniel masuk ke Laboratorium S2.

Mahasiswa, dosen pembimbing dan kedua dosen penguji telah berada di tempat dan siap memulai sidang TA. Pak Daniel selaku dosen penguji 1 memulai sidang TA dengan memberitahukan aturan sidang TA kepada saya. Saat Pak Daniel baru saja selesai mengatakan “Presentasi dan demo dialokasikan waktu sebanyak 20 menit dan akan dilanjutkan dengan diskusi.”. Tanpa diduga, listrik di kampus tiba-tiba mati dan saya pun berkata dalam hati “waduh, jangan sampai sidang TA nya ditunda”. Pak Daniel pun bercanda sambil tersenyum “Ya karena listrik nya meskipun bukan salahmu berarti kamu tidak bisa diluluskan” dan saya pun ikut tersenyum saja😀 Kemudian, Pak Dwi mengusulkan “Ya kita tunggu sepuluh menit saja sekarang kita mulai disuksinya saja. Sekarang coba kamu gambarkan aplikasimu melalui penjelasanmu”. Entah karena memang rencana Tuhan atau bagaimana, seketika itu juga listrik di seluruh kampus pun menyala. Pak Daniel pun sempat menyeletuk “wah beruntung sekali kamu” dan saya pun hanya tersenyum saja.

Presentasi pun dimulai dan saya mulai menjelaskan slide demi slide presentasi saya. Di awal presentasi, Pak Daniel yang juga merupakan salah satu juri Lomba Aplikasi pada GeMasTIK-III berbisik-bisik dengan Pak Imam karena beliau teringat aplikasi ini. Slide presentasi selesai sehingga saya mulai melakukan demo aplikasi. Saat demo aplikasi inilah terlihat antusiasme Pak Dwi dan Pak Daniel terhadap aplikasi ini, suasana sidang TA pun menjadi cair. Berikut adalah beberapa kutipan dari Pak Dwi dan Pak Daniel pada aplikasi ini, seperti: “kok lama sekali ini loadingnya, sebaiknya diberi progress bar”, “bisa gitu ya”, “ini harus diapain? tampilannya kurang informatif lebih baik dikasi help seperti game-game”, “ya-ya terus apa lagi?”, “pianonya ini paling bagus, kalau bisa dari MIDI-nya bisa di-mix dengan suara”. Suasana sidang TA pun menjadi santai dan rileks sekali. Di akhir demo program, Pak Daniel meminta saya untuk menceritakan uji coba aplikasi ini yang telah dilakukan di SD Saraswati 4 Denpasar dan SMP Institut Indonesia Surabaya saat diikutkan dalam GeMasTIK III dahulu. Pak Dwi juga memberi opini, “Ide kamu ini bagus sekali, cuma modul-modulnya saja kalau bisa lebih difokuskan lagi. Tapi kami mengapresiasi modul-modul pembelajaranmu yang banyak ini. Kalau ini kamu jual sebagai sebuah produk bisa laku ini. Coba kamu kembangkan lagi. ”. Kemudian, Pak Dwi dan Pak Daniel memberikan revisi seputar buku TA dan paper TA saya lalu saya diminta untuk keluar dari Laboratorium S2 sejenak karena para dosen ingin mengambil keputusan mengenai kelulusan. Saya pun keluar dari Laboratorium S2 dan menunggu hingga Pak Daniel memanggil saya untuk masuk kembali. Pak Daniel selaku dosen penguji 1 mengumumkan bahwa saya dinyatakan lulus Tugas Akhir ini namun ada beberapa revisi pada buku TA yang diberi waktu hingga 2 minggu.

Akhirnya, inilah merupakan hasil perjalanan TA saya yang berawal pada akhir Juni dengan tujuan untuk diikutsertakan pada kompetisi GeMasTIK-III 2010. Berakhir dengan kekalahan sebagai Grand Finalis atau 6 Besar pada Lomba Aplikasi GeMasTIK-III 2010, namun itu merupakan awal dari TA ini ketika saya meminta Pak Imam menjadi dosen pembimbing dalam TA ini. Terima kasih kepada semua pihak atas dukungan dan bantuannya selama ini semoga aplikasi ini dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Pekerjaan tersulit adalah memulai, Pekerjaan terberat adalah mempertahankan, Pekerjaan terhebat adalah menyelesaikan

  1. asrulyanuar / Jul 8 2011 06:25

    wah bagus sekali mas tema TA nya. Sangat menarik.🙂

    • Jeffrey Hermanto Halimsetiawan / Agu 6 2011 16:48

      terima kasih, semoga bermanfaat🙂

  2. lio / Jul 25 2011 22:52

    dramatis skali pake mati lampu, coba TA ku mati lampu, isa gagal sidang iki, server e ae ada 5.

    • Jeffrey Hermanto Halimsetiawan / Agu 6 2011 16:44

      wah bisa gak ikut sidang itu klo server mati semua🙂

  3. yunin / Nov 6 2011 16:07

    bener2 dramatis🙂

    • Jeffrey Hermanto Halimsetiawan / Nov 10 2011 13:55

      hehe🙂

Tinggalkan Balasan

