Skip to content
15 September 2010 / Jeffrey Hermanto Halimsetiawan

PIMITS 13


Logo PIMITS 13

Logo PIMITS 13

PIMITS memiliki kepanjangan Pekan Ilmiah Mahasiswa ITS. Pada tahun 2010 ini merupakan PIMITS 13 yang bertemakan “meningkatkan kreatifitas keilmiahan untuk memajukan teknologi yang mengakar pada kebudayaan bangsa“. Beberapa perlombaan yang terdapat pada PIMITS 13 antara lain:

  • Robot In Action
  • LKTI
  • Open House
  • Pemeran Kontes Photography PIMITS
  • PIMITS Market
  • PKM
  • IT Contest
  • English Debate

Sebelumnya saya sudah mengetahui bahwa tiap tahun selalu ada acara rutin PIMITS tersebut karena kelompok PKM yang diketuai oleh saya dan berhasil memperoleh dana hibah dari DIKTI juga mengikuti kompetisi PKM tersebut. Namun informasi mengenai adanya IT Contest pada PIMITS 13 berawal dari informasi salah seorang adik kelas yang merupakan ketua panitia IT Contest tersebut, dan tak lama kemudian muncul sebuah poster pada mading kampus yang berisi detail kegiatan IT Contest berikut:

Poster IT Contest PIMITS 13

Poster IT Contest PIMITS 13

Pada saat itu masih bulan Februari 2010, otak saya mulai berpikir karya apakah yang sekiranya dapat saya ikutkan untuk IT Contest ini. Mengingat saat itu saya masih disibukkan dengan adanya kompetisi Microsoft Imagine Cup Local yang deadline nya adalah awal bulan Maret. Sebenarnya waktu itu, saya sudah memperoleh gambaran untuk mengikut sertakan SPOTZ, aplikasi yang merupakan proyek mata kuliah Basis Data Lanjut pada semester 5, pada Application Contest dan pengembangangan Petualangan Aksara di Tanah Jawa (PAJ), game yang dikembangkan oleh salah seorang rekan se-tim saya, pada Game Development Contest. Namun, saya berkata kepada teman saya bahwa saya bersedia mengikuti kompetisi itu dengan catatan apabila tidak lolos babak selanjutnya Imagine Cup.

Karena persiapan Imagine Cup yang sangat mepet dan kurang direncanakan dengan baik, tim saya tidak lolos ke dalam babak selanjutnya dari Imagine Cup tersebut saat pengumuman pada awal bulan April. Sebenarnya cukup kecewa juga dengan tidak lolosnya tersebut, namun paling tidak kerja keras saya dalam menyelesaikan aplikasi untuk dikirimkan dalam bentuk video setidaknya tak terlalu sia-sia, karena proyek tersebut juga merupakan proyek mata kuliah “Pemrograman Framework .NET” saya😀 Kegagalan itu seolah menjadi pemicu bagi saya untuk mengikuti IT Contest ini dan membuktikan bahwa “kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda”. Di tengah kesibukan kuliah, saya pun berusaha membagi waktu dengan baik untuk mempersiapkan poster PKM, mempersiapkan video aplikasi SPOTZ dan juga mengembangkan game PAJ.

Waktu 3 minggu pun, saya usahakan untuk dimaksimalkan sebaik-baiknya. Untuk poster PKM, saya banyak dibantu oleh kakak saya yang merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual dalam membuat konsep poster PKM saya. Setelah memperoleh konsep dari kakak saya, barulah saya bersama teman kelompok PKM saya (Alex, Wira) yang membuat sendiri poster tersebut dengan Adobe Photoshop. Di samping itu, saya yang tergabung dalam tim blankOn bersama Alex dan Royce, memberikan sentuhan MultiPoint pada game PAJ dan juga memperbaiki user interface dari game tersebut. Selain itu, saya yang tergabung dalam SPOTZ Team (Zulmi, Alex, Sigit, Hafizh) juga harus menyiapkan video dari aplikasi ini. Saya memperoleh ide untuk perlombaan ini bahwa target pengguna SPOTZ adalah UKM dan juga masyarakat umum. Oleh karena itu, kami menyempatkan waktu untuk pergi ke PTC (Pakuwon Trade Center), salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya Barat, dan mewawancarai beberapa penjaga toko yang ada di sana. Bisa dibayangkan, semua kegiatan tersebut cukup menyita waktu di tengah kepadatan tugas-tugas kuliah.

Perjuangan yang cukup berat tersebut ternyata tidak percuma karena tim saya berhasil lolos menjadi finalis di perlombaan tersebut. Berikut adalah pengumuman finalis perlombaan tersebut:

Finalis Application Contest IT Contest PIMITS 13

Finalis Application Contest IT Contest PIMITS 13

Finalis Game Development Contest IT Contest PIMITS 13

Finalis Game Development Contest IT Contest PIMITS 13

Dalam waktu yang singkat, kami pun tidak banyak melakukan perubahan pada aplikasi dan game tersebut. Persiapan lebih banyak kami lakukan dalam penyusunan materi presentasi dan pengumpulan fakta-fakta pendukung untuk babak presentasi final nanti. Saya mewakili SPOTZ Team untuk mempresentasikan SPOTZ dan PAJ dipresentasikan oleh Alex yang mewakili tim blankOn. Sedangkan untuk kompetisi PKM, saya serahkan kepada anggota kelompok saya yang lain setelah desain poster tersebut telah fixed.

Tibalah waktunya untuk presentasi pada tanggal 27 April 2010 pukul 10.00, Alex terlebih dahulu mempresentasikan game PAJ di ruang IF- 113 Gedung Teknik Informatika ITS kepada dewan juri. Sebagian besar respon dewan juri cukup positif dan tidak lupa kami juga diberi masukan untuk kemajuan game tersebut. Seusai presentasi, saya pun bergegas ke ruangan IF-112 Gedung Teknik Informatika ITS untuk bersiap-siap mempresentasikan SPOTZ pada pukul 10.40. Presentasi untuk Application Contest memang lebih “alot” dibandingkan Game Development Contest tetapi secara umum presentasi berjalan dengan lancar. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah review salah seorang juri Application IT Contest di PIMITS 13😀 Sebelumnya pada tanggal 26 April 2010, poster PKM kami yang telah dicetak berukuran A2 telah dinilai oleh salah seorang juri yang merupakan dosen Desain Produk ITS.

Saya dan tim saya telah berusaha maksimal dan untuk hasilnya saya serahkan semuanya kepada Tuhan. Sampai akhirnya pada tanggal 29 April 2010 sore hari, saya diberi tahu oleh ketua panitia IT Contest ini untuk menghadiri upacara penutupan PIMITS 13 yang sekaligus waktunya pengumuman pemenang berbagai lomba. Teman sekelompok PKM saya, juga memperoleh informasi dari panitia kompetisi PKM agar menghadiri upacara penutupan yang dimulai pada pukul 19.00 sebagai undangan. Tiba saatnya pengumuman pemenang pada pukul 22.00, dan syukur kepada Tuhan ternyata SPOTZ menjadi juara 1 pada kategori Application Contest, PAJ menjadi juara 1 pada kategori Game Development Contest, dan poster PKM sarang-tawon.com berhasil menjadi Poster PKM Terbaik. Perlombaan ini sekaligus menjadi obat pelipur lara setelah kegagalan pada Imagine Cup😀 Puji dan syukur kepada Tuhan karena atas rahmat-Nya, tim saya diberi kesempatan untuk memperoleh penghargaan tersebut. Tidak lupa ucapan terima kasih kepada tim saya yang telah bekerja dengan baik dan juga kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran dalam perlombaan ini. Ini menjadi pembuktian “if there is a will, there is a way”, sesibuk apapun kita jika kita memiliki keinginan dan niat untuk mengikuti sesuatu maka hal itu pasti akan dapat terwujud. Selain itu, “kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda”, jika kita gagal maka kita janganlah merasa down namun tetaplah berdiri tegak dan berusaha kembali karena Tuhan tidak akan mengubah nasib seseorang, jika seseorang itu tidak mau berusaha.

Berikut adalah beberapa berita mengenai PIMITS 13:

http://www.its.ac.id/berita.php?nomer=6862

http://www.its.ac.id/berita.php?nomer=6835

http://www.its.ac.id/berita.php?nomer=6855

Tinggalkan Balasan

