Skip to content
14 September 2010 / Jeffrey Hermanto Halimsetiawan

Lomba Mobile Edukasi 2010


Pada pertengahan bulan Mei 2010 lalu, tiba-tiba saya memperoleh wall post di Facebook dari teman saya, Perwira Redi, yang berisi link tentang adanya Lomba Mobile Edukasi 2010 yang diadakan oleh SEAMOLEC. Saya pun membuka link yang diberikan oleh teman saya tersebut dan membaca poster yang berisi peraturan dari perlombaan tersebut. Berikut adalah poster perlombaan tersebut:

Poster Lomba Mobile Edukasi 2010

Poster Lomba Mobile Edukasi 2010

Saya pun membaca bahwa deadline pengumpulan karya adalah tanggal 8 Juni 2010, wah ternyata tanggal tersebut bertepatan pada masa UAS (Ujian Akhir Semester) Semester Genap. Seperti layaknya mahasiswa Teknik Informatika, masa UAS tidak hanya berkaitan dengan ujian tulis melainkan juga waktunya untuk melakukan demo/presentasi mengenai proyek mata kuliah. Waktu itu, saya masih memiliki tanggungan 5 proyek (Pemrograman Framework .NET, Pemrograman Perangkat mobile, Realitas Virtual, Audit Perangkat Lunak, Verifikasi dan Validasi Perangkat Lunak). Saya pun jadi berpikir dua kali untuk mengikuti perlombaan ini sehingga saya pun memberikan komentar pada wall post teman saya, “y dilihat nanti aja, semoga aja masih sempat”😀

Saya pun merasa santai saja seolah-olah Lomba Mobile Edukasi 2010 itu tidak ada dan berusaha sesegera mungkin menyelesaikan semua tanggungan proyek saya. Lambat laun, satu per satu tanggungan proyek saya mulai selesai dan saya mulai dapat sedikit bernafas😀 Entah ada angin apa yang lewat, tiba-tiba terlintas dalam pikiran saya untuk mengikuti lomba tersebut dengan mengembangkan game mobile terdahulu, Ayo Sekolah !!. Terinspirasi dengan adanya berbagai macam film yang menggunakan sekuel pada waktu itu seperti: Iron Man dan Iron Man 2 (ternyata Tony Stark juga mampu memberi inspirasi😀 ), saya pun mempunya ide untuk membuat sekuel dari Ayo Sekolah !!, yaitu: Ayo Sekolah !! Season 2. Perjuangan pun dimulai kurang lebih 1 minggu sebelum deadline pengumpulan, yaitu: 2 Juni 2010 dan yang lebih penting lagi di tengah masa-masa UAS. Untungnya arsitektur Ayo Sekolah !! yang saya buat dahulu cukup mudah untuk dikembangkan sehingga Ayo Sekolah !! Season 2 masih menggunakan arsitektur yang lama, tetapi dengan perubahan yang cukup drastis pada keseluruhan gameplay permainannya.  Tidak hanya itu, jumlah stage yang ada juga ditambah dari empat stage menjadi lima stage. Dengan usaha selama kurang lebih 1 minggu itu, akhirnya Ayo Sekolah !! Season 2 dapat terselesaikan dan saya pun mengirimkan formulir pendaftaran, .jar file, dan netbeans project dari game tersebut pada tanggal 8 Juni 2010.

Saya pun merasa pesimis pada tulisan di poster yang mengungkapkan bahwa pengumuman pemenang akan diumumkan pada tanggal 12 Juni 2010. Dan ternyata firasat saya benar karena muncul pengumuman pada web Jeni ASEAN Research Center yang memberitahukan bahwa pengumuman pemenang diundur hingga tanggal 15 Juli 2010. Dan akhirnya di sela-sela masa Kerja Praktek di Mitrais, saya melihat website JARC dan ternyata pengumuman pemenang Lomba Mobile Edukasi 2010 telah keluar.

Pengumuman Lomba Mobile Edukasi 2010

Pengumuman Lomba Mobile Edukasi 2010

Ternyata perjuangan belum berakhir sampai di sini😀 Keesokan harinya, saya memperoleh telepon yang nomornya tidak dikenal dan ternyata itu adalah orang SEAMOLEC yang mengucapkan selamat dan menyuruh saya untuk mengirim nomor rekening yang akan ditransfer uang hadiah pemenang. Sore hari tersebut, saya langsung mengirimkan nomor rekenening saya. Pada pengumuman jelas tertulis bahwa uang hadiah akan ditransfer paling lambat dua minggu setelah tanggal 15 Juli 2010. Namun hingga tanggal 29 Juli 2010, saya tidak memperoleh kabar apa pun dari pihak SEAMOLEC. Bahkan, saya telah mengirimkan email sebanyak tiga kali, namun tidak memperoleh balasan apa pun. Hingga akhirnya, saya mengontak salah seorang developer di SEAMOLEC, Bapak Prayitno, dan barulah saya memperoleh kejelasan dan akhirnya tanggal 31 Juli 2010 uang hadiah pemenang telah ditransfer oleh Bapak Prayitno. Kini, saya masih menunggu janji dari Bapak Prayitno mengenai sertifikat pemenang dari lomba ini dan semoga dapat segera terealisasikan😀

Tidak lupa, saya sampaikan puji dan syukur kepada Tuhan Yesus karena atas berkat dan rahmat-Nya, saya diberi kesempatan untuk menjuarai perlombaan ini. Dan juga kepada teman saya, Perwira Redi, yang telah memberikan saya informasi mengenai adanya perlombaan ini. Terima kasih pula kepada Bapak Prayitno dari SEAMOLEC yang telah membantu kelancaran administrasi lomba ini dan juga kepada semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu😀 Semoga tulisan ini dapat menjadi penyemangat kepada teman-teman yang lain bahwa “if there is a will, there is a way”.

Tinggalkan Balasan

