Skip to content
9 September 2010 / Jeffrey Hermanto Halimsetiawan

Kerja Praktek di Mitrais, Kuta, Bali


Pada tulisan ini, saya ingin sedikit berbagi pengalaman mengenai Kerja Praktek (KP) yang tentunya sudah tidak asing bagi mahasiswa yang sudah menapaki semester 7. Nah, KP yang berlangsung pada bulan Juni hingga Agustus 2010 lalu ini dilaksanakan pada sebuah software developer yang sudah sangat mapan di Indonesia, Mitrais. Mungkin banyak orang yang bingung perusahaan apa itu Mitrais sama seperti ketika banyak orang bertanya kepada saya:

Orang lain : “Kerja Praktek di mana?”

Jeffrey       : “Di Bali, Mitrais”

Orang lain : “Perusahaan apa itu?”

Atau pertanyaan lain yang diperoleh dari teman KP saya.

Orang lain : “Lho, mau KP di mana?”

Teman        : “Di Bali”

Orang lain : “Di hotel mana?”

Teman        : ( -.-” )

Bahkan ada teman saya yang diberitahu bahwa saya sedang berada di Bali, dan ia malah bertanya “lagi liburan ya?”😀 . Ya jadi begitulah pandangan umum orang terhadap Bali sebagai salah satu destinasi pariwisata  dengan banyaknya hotel dan turis yang bertebaran di mana-mana hingga pada akhirnya banyak orang yang tidak mengetahui bahwa salah satu software developer terbesar di Indonesia sebenarnya berpusat di Bali. Cukup wajar apabila Mitrais yang memiliki kantor di Jakarta, Sydney, Singapore, Kuta dan Sanur ini tidak dikenal oleh banyak orang karena klien-nya sebagian besar berasal dari luar negeri. Bahkan, salah seorang manager yang ada di Mitrais pun sempat menanyai saya begini “Tahu Mitrais dari mana?”. Sebenarnya, saya baru mengenal Mitrais ketika senior saya angkatan 2006 menjalani KP di sana tepat setahun yang lalu. Berawal dari informasi senior tersebut, saya menjadi tertarik dan penasaran dengan Mitrais yang CMMI nya telah mencapai level 3 dan akhirnya memutuskan untuk mengikuti jejak senior saya.

Perjalanan KP ini diawali pada bulan Oktober 2009 dimana saya mulai mengontak salah seorang Training Officer di Mitrais berdasarkan informasi dari senior saya untuk menanyakan syarat apa saja yang diperlukan untuk mengajukan permohonan KP di Mitrais. Setelah melengkapi semua prasyarat yang dibutuhkan, saya mengirimkan semua syarat yang dibutuhkan tersebut pada bulan Desember 2009. Bulan demi bulan berlalu hingga sampai lah pertengahan Bulan Maret, Mitrais memberikan konfirmasi bahwa saya akan menjalani kerja Praktek di Mitrais pada tanggal 21 Juni 2010 hinggal 20 Agustus 2010. Dan tentu saja, apa yang saya inginkan tercapai dan saya sangat senang dapat memperoleh kesempatan itu. Wooow🙂 .

Tiba waktunya saya harus berangkat ke Bali pada tanggal 19 Juni 2010 dengan menggunakan travel dan keesokan harinya pukul 9 pagi saya telah tiba di kos yang akan saya tinggali selama 2 bulan di Gang Pusaka, Jalan Kediri. Hari Minggu ini diisi dengan membiasakan diri dengan kos dan lingkungan sekitar kos (tentunya tempat cari makan :D) serta melihat kantor Mitrais Kuta (Mitrais memiliki 1 kantor lagi di Bali dengan sebutan Kantor Mitrais Sanur) di Jalan Kediri.

Mitrais - Kuta Office

Mitrais - Kuta Office

Keesokan harinya, dimulailah KP hari pertama dan saya telah tiba di kantor Mitrais pukul 7.55 dan ternyata 2 teman KP saya yang berasal dari UI telah tiba terlebih dahulu, dan seorang teman KP di bagian IT Support juga telah tiba. Di ruang resepsionis, saya juga melihat plakat Microsoft Certified Gold Partner pada bidang Mobile Development dan Custom Development (woww..) dan Oracle Partner. Singkat kata, kami berkenalan satu sama lain dan segera menuju ke ruang lainnya untuk menandatangani kontrak dan juga ada briefing dari supervisor masing-masing. Saya dan seorang teman saya yang sama-sama berasal dari ITS ditempatkan di divisi Internal Systems Support (ISS) dan kedua anak UI ditempat di divisi Software Tester.

Setelah penentuan divisi dilakukan, kami sebagai Software Engineer Trainee mendapatkan briefing dan pengenalan divisi oleh Project Manager masing-masing divisi. Bapak Argo Negoro , yang ternyata juga adalah alumni Teknik Informatika ITS angkatan 1990, memberikan pemaparan mengenai corporate profile Mitrais (di sini saya baru tahu bahwa software mining bernama Minescape ternyata dibuat oleh Mitrais :D) dan timeline pekerjaan saya (dalam bentuk Gant Chart :D) serta mengenalkan beberapa anggota divisi tersebut. Perjalanan KP kami bermula dari sini dan berakhir pada 20 Agustus 2010 lalu, saya tidak dapat bercerita banyak mengenai apa yang saya kerjakan di sini karena semua sifatnya confidential😀. Berikut adalah cubical saya dengan komputer mtpc214 yang selalu menemani di kantor😀

 

Cubical dan mtpc214

Cubical dan mtpc214

Intinya, saya ditugasi untuk mengubah laporan yang dihasilkan dari suatu sistem dari format .xls ke .xlsx dengan bahasa C#, dokumentasi, melakukan code analysis dan juga memperbaiki user interface sebuah sistem dengan Microsoft ASP .NET dan Microsoft Office SharePoint Designer. Saya juga diberi kesempatan untuk melakukan presentasi Windows MultiPoint Mouse SDK pada saat Knowledge Sharing divisi ISS (maaf agak gelap kena backlight :D).

Presentasi Windows MultiPoint Mouse SDK - Knowledge Sharing ISS

Presentasi Windows MultiPoint Mouse SDK - Knowledge Sharing ISS

Kesimpulan yang dapat saya peroleh, Mitrais merupakan sebuah software developer company yang sangat mapan dengan berpegang teguh pada prinsip bahwa “proses yang baik tentunya akan membuahkan hasil yang baik” sehingga tidaklah mengherankan apabila CMMI level Mitrais direncanakan akan mencapai level 4 pada saat audit dilakukan tahun ini. Semua proses yang ada telah didefinisikan dengan baik  prosedurnya dan dilaksanakan dengan baik pula oleh semua pegawainya. Contohnya, jika selama ini kita mengenal adanya .NET Coding Standard, ternyata Mitrais juga memiliki Mitrais .NET Coding Standard😀 . Bahkan saya sampai geleng-geleng kepala, ketika membaca sebuah dokumen yang berisi standar ukuran cubical, standar kursi yang digunakan hingga olah raga untuk meregangkan otot saat menunggu fotokopi dokumen (hehehe). Tidak hanya hal-hal teknis, Mitrais juga memperhatikan hal-hal nonteknis seperti sisi fun karyawannya. Mitrais juga menyediakan waktu yang dinamakan Happy Hour, yaitu: satu jam pada hari Jumat terakhir di setiap bulan nya dimana seluruh karyawan berkumpul bersama sambil menikmati segarnya soft drink dan snack serta pertunjukan seperti menyanyi dari karyawan yang lain. Selain itu, berdiri pula beberapa komunitas olah raga, seperti: futsal, voli, dan badminton dan juga komunitas fotografi yang dilaksanakan setiap hari Sabtu atau Minggu. Sayangnya, saya tidak sempat mengikuti komunitas badminton tersebut karena transportasi yang tidak ada dan juga ajakan dari teman-teman yang ada di Bali untuk melakukan Bali Touring😀. Berikut adalah beberapa foto Bali Touring tersebut:

Bukit Tjampuhan - Ubud

Bukit Tjampuhan - Ubud

Mangrove - Sanur

Mangrove - Sanur

Pantai Suluban - Uluwatu

Pantai Suluban - Uluwatu

Bali Art Centre - Renon

Bali Art Centre - Renon

Tidak lupa, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran proses Kerja Praktek ini. Dan juga mohon doanya saat ujian Kerja Praktek ini di kampus😀 Akhir kata, terima kasih Bali.

  1. gizhworld / Sep 14 2010 06:07

    menarik, saya pun baru tahu ada perusahaan software developer di bali😀

    • Jeffrey Hermanto / Sep 14 2010 09:50

      ya cukup wajar, sama seperti pandangan kebanyakan orang😀

  2. Oscar Kurniawan Oz / Jul 15 2011 01:54

    saya juga baru tahu…. :hammer:
    ~sebelum kp

    • Jeffrey Hermanto Halimsetiawan / Agu 6 2011 16:45

      sama baru tahunya :p

  3. Regina / Apr 23 2012 14:14

    Halo, salam kenal.
    Saya mahasiwi UI, lagi mencari info KP. Saya tertarik KP di Mitrais, tapi nggak punya link atau kontak yg bisa dihubungi masalah KP. Soalnya di webnya juga nggak ada info mengenai KP. Kira2 masnya masih punya kontak orang Mitrais yg bisa dihubungi masalah KP kah?
    Thanks in advance🙂

    • Jeffrey Hermanto Halimsetiawan / Apr 23 2012 14:33

      hai,

      saya kurang tahu apakah PIC nya masih sama ataukah sudah ganti.
      mungkin bisa coba hubungi yuni[dot]dwitari[at]mitrais[dot]com

      semoga membantu🙂

      • Regina / Apr 23 2012 17:20

        Terima kasih banyak😀

Trackbacks

  1. Lomba Mobile Edukasi 2010 « Tutorial Pemrograman Komputer Sederhana
  2. ISS Knowledge Sharing at Mitrais - Jeffrey Hermanto Halimsetiawan's Blog

Tinggalkan Balasan

