Skip to content
2 Juni 2010 / Jeffrey Hermanto Halimsetiawan

Tutorial Unit Testing dengan Microsoft Visual Studio 2010 – Seri 1


Unit Testing

Unit testing adalah proses verifikasi dan validasi perangkat lunak yang sangat lazim dilakukan.  Setiap tester harus mengetahui dan tentu pernah melakukan Unit Testing. Unit Testing bertujuan untuk melakukan verifikasi terhadap setiap unit-unit yang ada pada sebuah proyek perangkat lunak.  Setiap unit dapat dianalisis dan ditentukan apakah sudah mumpuni untuk di-release atau belum mumpuni sehingga masuk ke tahap pengembangan pada iterasi pengembangan proyek berikutnya.

Banyak framework yang sudah disediakan untuk melakukan unit testing meskipun anda sendiri tentu dapat membuat unit testing secara manual.  Ada Nunit untuk proyek perangkat lunak berbasis .NET, Junit untuk proyek berbasis Java, Phpunit untuk proyek berbasis PHP, ada AsUnit untuk proyek berbasis Action Script Flash, dan banyak lagi.  Cara manual untuk membangun unit-unit testing sudah pasti akan ditinggalkan seiring kemajuan teknologi. Karena pada era sekarang ini skala sebuah proyek dapat sangat besar dan menuntut waktu pekerjaan singkat serta efisien. Tentu dalam melakukan testing butuh memakan banyak waktu. Oleh karena itu, penggunaan framework dalam fase testing akan sangat berguna dalam menyingkat waktu fase ini.

Microsoft selaku perusahaan raksasa yang telah merajai industri ini selama beberapa dekade menyadari akan hal ini. Microsoft tidak pernah berhenti berinovasi dan menyadari kebutuhan pasar yang besar terhadap kemudahan, kecepatan, serta portabilitas.  Melalui Seri Microsoft Visual Studio 2010 yang dirilis pada kuartal pertama tahun ini telah menyediakan sebuah fitur testing proyek terintegrasi yang sangat lengkap sehingga memudahkan developer .NET dalam melakukan verifikasi dan validasi software.

Ibarat sebuah proyek properti yang sekarang sedang gencar dilakukan, Microsoft ingin membuat Microsoft Visual Studio sebagai IDE yang ‘Home Sweet Home’ terhadap developer setianya. Proyek properti sekarang sedang gencar membentuk sebuah perumahan seperti kota tersendiri yang telah memiliki berbagai fasilitas di dalamnya termasuk Mall, Stasiun Pengisian Bahan Bakar, Sekolah, serta Taman Bermain. Begitu juga dengan Microsoft yang telah berhasil mengintegrasikan fase testing di dalam IDE Microsoft Visual Studio yang sangat Powerful ini.

Tentu anda sangat ingin mengetahui contoh implementasi unit Test pada Microsoft Visual Studio 2010 ini. Penulis akan memberikan sedikit arahan untuk anda bagaimana cara membuat sebuah Unit Test pada IDE yang luar biasa ini agar anda mengetahui seberapa besar IDE ini telah memberikan perubahan dalam hidup programmer seluruh dunia pada seri berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: