Skip to content
21 April 2010 / Jeffrey Hermanto Halimsetiawan

Tutorial Membangun Game XNA 3.1 dengan Farseer Physics Engine


Farseer Physic Engine merupakan engine fisika yang open source untuk .NET.
Pada tutorial kali ini kita akan mencoba membuat contoh implementasi dari sebuah kotak dan lingkaran. Kotak dan lingkaran tersebut dapat digerakkan dan bertabrakan satu sama lain.

Program yang diperlukan (yang digunakan dalam tutorial ini) :

–          Microsoft Visual Studio 2008 SP 1

–          XNAGS 31

Packages atau project yang dibutuhkan :

–          Farseer Physics 2.1.3 XNA

–          DemoBaseXNA

Langkah-langkah :

Buat project baru XNA Game Studio 3.1 -> Windows Game 3.1

Add Packages Farseer Physics 2.1.3 XNA & DemoBaseXNA

Add Reference Farseer Physics 2.1.3 XNA & DemoBaseXNA

Buat Class yang diturunkan dari class DemoBaseXNA.ScreenSystem.GameScreen

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
using DemoBaseXNA;
using DemoBaseXNA.DrawingSystem;
using DemoBaseXNA.ScreenSystem;
using FarseerGames.FarseerPhysics;
using FarseerGames.FarseerPhysics.Dynamics;
using FarseerGames.FarseerPhysics.Factories;
using Microsoft.Xna.Framework;
using Microsoft.Xna.Framework.Graphics;
using Microsoft.Xna.Framework.Input;

namespace WindowsGame2.Contoh1
{
    class contoh1:GameScreen
    {
        //inisialisasi awal gamescreen
        public override void Initialize()
        {
        }

        //load object, digunakan untuk load lingkaran dan kotak
        public override void LoadContent()
        {
        }

        //digunakan untuk menggambar objek ke layar
        public override void Draw(GameTime gameTime)
        {
        }

        //handle input state dari gamescreen
        public override void HandleInput(InputState input)
        {
        }

        //handle input dari keyboard
        private void HandleKeyboardInput(InputState input)
        {
        }
        //text detail saat dilayar pause
        private static string GetDetails()
        {
        }
    }
}

Inisialisasi Class GameScreen

public override void Initialize()
        {
            //inisialisasi physic simulator
            PhysicsSimulator = new PhysicsSimulator(new Vector2(0, 0));
            //add physic simulator ke view
            PhysicsSimulatorView = new hysicsSimulatorView(PhysicsSimulator);

            base.Initialize();
        }

Load objek gambar geometry yang akan diload

public override void LoadContent()
        {
            //membuat brush untuk draw lingkaran
            //radius, fill color, border color
            _circleBrush = new CircleBrush(64, Color.White, Color.Black);
            _circleBrush.Load(ScreenManager.GraphicsDevice);

            //membuat body dari lingkaran untuk simulasi gaya dan impuls
            //radius, masa
            _circleBody = BodyFactory.Instance.CreateCircleBody(PhysicsSimulator, 64, 1);
            _circleBody.Position = new Vector2(500, 384);

            //mmebuat geometri untuk deteksi tabrakan dari lingkaran
            //body, radius, jumlah edge/garis
            GeomFactory.Instance.CreateCircleGeom(PhysicsSimulator, _circleBody, 64, 20);

            //membuat body kotak untuk simulasi gaya dan impuls
            //width, height, mass
            _rectangleBody = BodyFactory.Instance.CreateRectangleBody(PhysicsSimulator, 128, 128, 1);
            _rectangleBody.Position = new Vector2(256, 384);

            //membuat geometri untuk deteksi tabrakan dari kotak
            //width, height
            GeomFactory.Instance.CreateRectangleGeom(PhysicsSimulator, _rectangleBody, 128, 128);

            //membuat brush untuk draw kotak
            //width, height, fill color, border color
            _rectangleBrush = new RectangleBrush(128, 128, Color.Gold, Color.Black);
            _rectangleBrush.Load(ScreenManager.GraphicsDevice);

            base.LoadContent();
        }

Draw brush model sesuai dengan bodynya

public override void Draw(GameTime gameTime)
        {
            //memulai proses drawing pada SpriteBatch
            ScreenManager.SpriteBatch.Begin(SpriteBlendMode.AlphaBlend);

            //menggambar brush lingkaran sesuai dengan body lingkaran
            _circleBrush.Draw(ScreenManager.SpriteBatch, _circleBody.Position);

            //menggambar brush kotak sesuai dengan body kotak
            _rectangleBrush.Draw(ScreenManager.SpriteBatch, _rectangleBody.Position, _rectangleBody.Rotation);

            //menutup SpriteBatch
            ScreenManager.SpriteBatch.End();

            base.Draw(gameTime);
        }

Mengatur handle input

public override void HandleInput(InputState input)
        {
            //jika gamescreen pertama kali dijalankan
            if (firstRun)
            {
                //tambah pause screen ke screen manager
                ScreenManager.AddScreen(new PauseScreen(GetTitle(), GetDetails()));
                firstRun = false;
            }

            //jika screen dalam keadaan pause/ berhentei sejenak
            if (input.PauseGame)
            {
                ScreenManager.AddScreen(new PauseScreen(GetTitle(), GetDetails()));
            }

            //handle input keyboard
            HandleKeyboardInput(input);
            base.HandleInput(input);
        }

        private void HandleKeyboardInput(InputState input)
        {
            //set besarnya penambahan gaya jika user menekan A/S/D/W
            const float forceAmount = 50;

            //set gaya awal sebesar 0/ diam
            Vector2 force = Vector2.Zero;

            //set Y negatif/ ke bawah
            force.Y = -force.Y;

            //user menekan tombol A
            if (input.CurrentKeyboardState.IsKeyDown(Keys.A)) { force += new Vector2(-forceAmount, 0); }
            //user menekan tombol S
            if (input.CurrentKeyboardState.IsKeyDown(Keys.S)) { force += new Vector2(0, forceAmount); }
            //user menekan tombol D
            if (input.CurrentKeyboardState.IsKeyDown(Keys.D)) { force += new Vector2(forceAmount, 0); }
            //user menekan tombol W
            if (input.CurrentKeyboardState.IsKeyDown(Keys.W)) { force += new Vector2(0, -forceAmount); }

            //berikan gaya pada body kotak
            _rectangleBody.ApplyForce(force);

            //set besarnya pertambahan torsi pada kotak
            const float torqueAmount = 1000;

            //set torsi awal menjadi 0/ tidak berputar
            float torque = 0;

            //user menekan tombol left
            if (input.CurrentKeyboardState.IsKeyDown(Keys.Left)) { torque -= torqueAmount; }
            //user menekan tombol right
            if (input.CurrentKeyboardState.IsKeyDown(Keys.Right)) { torque += torqueAmount; }
            //berikan torsi pada kotak
            _rectangleBody.ApplyTorque(torque);
        }

Set atribut lain dalam GameSreen

//judul dari GameScreen
        public static string GetTitle()
        {
            return "Contoh 1 : kotak dan lingkaran";
        }

        //Deskripsi dari GameScreen (akan dipasang di pause screen)
        private static string GetDetails()
        {
            StringBuilder sb = new StringBuilder();
            sb.AppendLine("Contoh isi dari layar pause/menu");
            sb.AppendLine("object attached.");
            sb.AppendLine(string.Empty);
            sb.AppendLine("Keyboard:");
            sb.AppendLine("  -Rotasi : panah kanan atau kiri");
            sb.AppendLine("  -Gerak: A,S,D,W");
            sb.AppendLine(string.Empty);
            sb.AppendLine("Mouse");
            sb.AppendLine("  -Tahan mouse kiri lalu drag mouse");
            return sb.ToString();
        }

Set constructor Game, add GameScreen ke Game

public Game1()
        {
            graphics = new GraphicsDeviceManager(this);

            //set judul game
            Window.Title = "Contoh Farseer Physics Engine XNA";

            graphics.SynchronizeWithVerticalRetrace = false;

            TargetElapsedTime = new TimeSpan(0, 0, 0, 0, 10);
            IsFixedTimeStep = true;

            //set ukuran jendela game
            graphics.PreferredBackBufferWidth = 800;
            graphics.PreferredBackBufferHeight = 600;
            graphics.IsFullScreen = false;

            //set apakah mouse di draw atau tidak
            IsMouseVisible = true;

            //Set window defaults. Parent game can override in constructor
            Window.AllowUserResizing = false;

            //new-up components and add to Game.Components
            ScreenManager screenmanager= new ScreenManager(this);
            Components.Add(screenmanager);

            //set frame counter
            FrameRateCounter frameRateCounter = new FrameRateCounter(screenmanager);
            frameRateCounter.DrawOrder = 101;
            Components.Add(frameRateCounter);

            //tambah GameScreen yang sudah Anda buat(contoh1)
            screenmanager.MainMenuScreen.AddMainMenuItem(contoh1.GetTitle(), new contoh1());
            screenmanager.MainMenuScreen.AddMainMenuItem("Keluar", null, true);

            //arahkan game ke main menu
            screenmanager.GoToMainMenu();
        }

Selesai

Dan berikut adalah hasil akhir dari tutorial di atas🙂

Anda dapat men-download tutorial di atas di sini

  1. Thomas / Apr 21 2010 14:11

    Keren….ajarin dong….!
    salam

    • Jeffrey Hermanto / Apr 21 2010 23:28

      Silahkan didownload file PDF nya dan langsung dicoba sendiri..

      Semoga bermanfaat😀

  2. Alter Diaz M. / Agu 25 2010 18:06

    download packagenya dimana ya? q pgn belajar dari class2 bawahan xna, ada tutorialnya g? thx before

    • Jeffrey Hermanto / Sep 2 2010 09:21

      package yang mana ya?

  3. Tya / Nov 17 2010 22:50

    mksh, mw tanya fungsi diagonal V thu g da source codenya ya?

    • Jeffrey Hermanto / Nov 18 2010 12:12

      memang sengaja tidak diberikan source codenya supaya menggugah kreatifitas masing-masing orang untuk membuat program seperti itu😀
      dan tidak menutup kemungkinan untuk dikembangkan lagi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: